Antarmuka telematika adalah sebuah kegiatan telematika yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Terdapat 6 (enam) teknologi yang terkait antaramuka telematika yaitu :


1)    Head Up Display (HUD)

            Head Up Display (HUD) adalah suatu tampilan yang transparan dimana dia menampilkan data tanpa mengharuskan pengguna (user) untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal usul nama ini berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala “dinaikkan” (head up) dan melihat ke depan, bukan memandang sudut bawah untuk melihat ke instrumen yang lebih rendah. Meskipun HUD pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan militer, HUD sekarang telah digunakan dalam pesawat komersial, kendaraan bermotor, dan aplikasi lainnya. Berikut merupakan gambar dari HUD of an F/A-18C.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifrbKPAwbwkOxpXu_6Ve71mUaoxnCPxWAG7EmMBTaWBvfsfN_YqF4Z8z4_wz3r-IGytQKfkf4wHxJSnvSYm57EVEtqdMhwODxQqMBNcSFLcGxNrG5nELH83ce7RqnjNV85OJRae2dDe2zu/s1600/pswt.jpg


            Helmet Mounted Displays (HMD) secara teknis merupakan sebuah bentuk dari HUD, perbedaannya adalah bahwa HMD menampilkan elemen tampilan yang bergerak dengan berorientasi pada kepala pengguna relatif terhadap pesawat. Banyak pesawat tempur modern (seperti F/A-18, F-22, Eurofighter) menggunakan baik HUD maupun HMD secara bersamaan. F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, hanya mengandalkan pada HMD, menjadikannya pesawat temput militer modern yang pertama yang tidak memiliki HUD tetap.

 

Terdapat dua jenis HUD, yaitu :

1.  Sebuah HUD tetap mengharuskan pengguna untuk melihat melalui elemen layar terikat pada badan pesawat atau kendaraan chasis. Sistem menentukan gambar yang akan disajikan semata-mata tergantung pada orientasi kendaraan. Kebanyakan pesawat HUDs adalah tetap.

2.  Helm dipasang menampilkan (HMD) secara teknis bentuk HUD, perbedaan adalah bahwa mereka menampilkan elemen tampilan yang bergerak dengan orientasi kepala pengguna relatif badan pesawat.

            HUDs terbagi menjadi 3 generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar, yaitu: Generasi Pertama - Gunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layar fosfor. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini. Generasi Kedua - Gunakan sumber cahaya padat, misalnya LED, yang diatur oleh sebuah layar LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial. Generasi Ketiga - Gunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi.

 

2)    Tangible User Interface

            Sebuah Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Awalnya TUI dinamai sebagai Graspable User Interface, namun nama ini sekarang sudah tidak lagi digunakan. TUI adalah satu teknologi dimana pengguna (user) berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut. Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem dan cara mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna yang mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke perilaku yang mereka picu pada sistem. Sebagian visinya untuk tangible UI, disebut Tangible Bits, yaitu untuk memberikan bentuk fisik ke informasi digital, menjadikan bit secara langsung termanipulasi dan terlihat. Karakteristik tangible user interface antara lain :

1. Representasi fisik komputasi digabungkan dengan informasi digital yang mendasari

2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme untuk pengendalian interaktif.

3. Representasi fisik digabungkan secara perseptual untuk secara aktif ditengahi representasi digital.

4. Keadaan fisik tangible mewujudkan aspek kunci dari keadaan sistem digital.

            Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media Group. Visi tertentunya bagi Tangible UIS adalah Bits Tangible, yaitu memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit - bit nya dapat di manipulasi secara langsung dan terlihat jelas. tangible bits mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit dan atom. jadi secara harfiahnya tangible user interface adalah sebuat sistem digital yang membuat sebuah benda menjadi nyata, dapat disentuh dan diraba dan memiliki bentuk.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgt85bevHHxS-y9CfZnXhPfn0RHnFN-fQZIJpyE2vl2SEamrpVYzSLf4xgVUkWTF1Llj2PXtSz56cfr2PGPFjtcd1be1FWP8Vo7MRC7YVi96V53fGjIf8G4nAss3_E6kF04k6eyoJ4QA1s/s320/BR2.jpg

Contoh Tangible User Interface pada permainan.

      Sebagai suatu disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori di balik sistem buatan yang mengekstrak informasi dari suatu gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis. Sebagai disiplin teknologi, computer vision berusaha untuk menerapkan teorinya dan modelnya untuk pembangunan sistem computer vision. Contoh aplikasi computer vision mencakup sistem untuk :

 

3)    Computer Vision

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0QvtYuqaYFX9_WD6aDnQEd3ajLm0IQ5xfe_X6IUn2oJsPzTo2sq01439ty9Q4lhzLmCTirXahvSDl7GjlGseF9_hjlnsgGNITzP00H8If8HrlYz5o6ceU3L9vzhWSdRmKvT1C9-bJH08/s1600/BR3.gifhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJFJRxH1ilLB2tGNT2TuqcGaca1NirBah0Ci7eKIAYO88PdGJ2IiEI0LErNu3JrPGDbpm0dIujJFdFfIoD_yRdvD5uM13Z1uY456pbCA494oLlKWkyFzHYT5U0EQt276N1aqMhhoYUKNqn/s1600/co.jpg

Computer Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi mesin yang dapat mengerti, di mana “mengerti” dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari sebuah gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan beberapa tugas. Computer vision dimanfaatkan juga untuk membangun teori kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar) yang ditangkap dalam berbagai bentuk seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera yang diambil dari berbagai sudut dan data multi – dimensi yang didapatkan dari hasil pemindaian (scanner) medis. Computer vision juga berusaha untuk mengintegrasikan model dan teori untuk pembangunan sistem visi komputer.
Contoh aplikasi computer vision mencakup sistem untuk :

a. Proses pengendalian (misalnya, suatu industri robot atau kendaraan otonom)

b. Mendeteksi peristiwa (misalnya, untuk pengawasan visual atau perhitungan penduduk)

c. Mengorganisir informasi (misalnya, untuk pengindeksan database gambar, dan urutan gambar)
d. Memodelkan objek atau lingkungan (misalnya, penyelidikan industri, analisis citra medis, atau pemodelan topografi)

e. Interaksi (misalnya, sebagai masukan ke perangkat untuk interaksi manusia dan komputer)

 

4)    Browsing Audio Data

http://tunkey1503.files.wordpress.com/2010/11/9.jpg

            Browsing merupakan aktivitas menjelajahi dunia maya (Internet) untuk mencari informasi yang terkini tanpa batas dan tanpa birokrasi atau dikenal juga dengan istilah surfing internet (berselancar di dunia maya), software yang digunakan dikenal dengan nama web browser.  Beberapa contoh web browser adalah Mozilla Firefox, Internet aexplorer, Opera, Chrome, dll. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Internet telah didefinisikan kembali  berbagai bidang hiburan, khususnya, yaitu musik. Hari ini, real-time Internet Real audio streaming musik dan MP3 secara teratur dinikmati oleh jutaan pendengar. Makalah ini menyajikan multimedia yang berpusat manusia audio (audio informasi) sistem pencarian melalui jaringan komputer.

            Karya ini juga telah diurus memainkan audio yang terus-menerus tanpa ada data yang mengganggu dengan menerapkan mekanisme streaming dan buffering. Arsitektur sistem client-server berikut model. Database digunakan untuk menyimpan informasi metadata audio. Server audio yang bertanggung jawab untuk mengambil informasi dari database untuk memenuhi permintaan klien. Klien menyediakan antarmuka komputer manusia untuk pengguna melalui antarmuka pengguna grafis untuk browsing, mencari dan memainkan audio yang menarik melalui jaringan. Berdasarkan masukan klien permintaan pengguna ke server untuk mendapatkan informasi audio (seperti daftar film-film bahasa tertentu, daftar lagu-lagu film tertentu dan daftar lagu berdasarkan pencocokan pengguna memasukkan teks lirik). Audio pengambilan informasi dari basis data akan dilakukan oleh server berbasis teks menggunakan metode pencarian.

            Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut :

a. Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.

b. Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.

c. Mendapatkan alamat kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi

d. Kopel ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data melalui Internet.

 

5)    Speech Recognition

http://aldinobahtiar.files.wordpress.com/2010/11/speech-recog.jpg?w=300&h=252

            Speech recognation (ASR) adalah suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yangdiucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat.Pengenalan ucapan (speech recognation) dalam perkembangan teknologinyamerupakan bagian dari pengenalan suara (proses identifikasi seseorang berdasarka suaranya). Memasukan Pengenalan suara sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

a. Piranti pengenalan kata (word recognation) yang mampu merespon ucapan-ucapansecara indovidu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik yang dikenal sebagai speaker verification. Pertama kali sistem akan membangkitkan suatu template untuk mengenali suara user. 

b. Piranti pengenalan kalimat (speech recognation) yang mampu mengenali hubungan antar kata terucap di dalam kalimat atau frase. Teknik - teknik statistik dipakai dalam hal pola perekaman suara yang akan dicocokkan dengan kata-kata terucap.

 

6)    Speech Synthesis

http://aldinobahtiar.files.wordpress.com/2010/11/speech-2.jpg?w=300&h=197

            Speech synthesis adalah transformasi dari teks ke arah suara (Speech). Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan –  aturan pengucapan bahasa.TTS (text to speech) dimaksudkan untuk membaca teks elektronik dalam bentuk buku, dan juga untuk menyuarakan teks dengan menggunakan pemaduan suara. Sistem ini dapat digunakan sebagai sistem komunikasi, pada sistem informasi referral, dapat diterapkan untuk membantu orang – orang yang kehilangan kemampuan melihat dan membaca. Ada beberapa masalah yang terdapat pada pemaduan suara, yaitu :

1. User sangat sensitif terhadap variasi dan informasi suara. Oleh sebab itu, mereka tidak dapat memberikan toleransi atas ketidaksempurnaan pemadu suara.

2. Output dalam bentuk suara tidak dapat diulang atau dicari dengan mudah.

3. Meningkatkan keberisikan pada lingkungan kantor atau jika menggunakanhandphone, maka akan meningkatkan biaya pengeluaran.

 


Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.


Kesimpulan

            Head Up Display merupakan tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari suatu sudut pandang. Seperti pada pesawat tempur, disana terdapat tampilan transparan mengenai data yang ingin ditampilkan misalnya data mengenai ketinggian pesawat, letak pesawat lainnya, dan lain – lain. Tangible User Interface ini contohnya dalam pengaplikasian mainan wii yang dikeluarkan nintendo dimana kita memainkan permainan dengan memakai sensor gerak. Misalnya ketika kita bermain permainan tenis, kita berdiri sambil memegang raket (perangkat wii) dan mengayun – ayunkan raket tersebut seolah – olah kita benar – benar sedang bermain tenis.

            Computer Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi mesin yang dapat mengerti, di mana “mengerti” dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari sebuah gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan beberapa tugas. Contohnya seperti robot – robot yang diciptakan untuk menggantikan manusia dalam menyelesaikan tugas, seperti robot yang bisa memasak, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Browsing Audio Data terjadi saat kita sedang browsing via internet dan sedang mencari suatu film atau lagu yang kita inginkan dengan cara, kita masukan permintaan ke server untuk mendapatkan informasi audio, daftar lagu, maupun film berdasarkan kriteria lagu atau film apa yang kita inginkan berdasarkan pencocokan pengguna memasukan teks lirik. Kemudian akan diproses oleh server dengan menggunakan metode pencarian.

            Speech Recognation dan Speech Syntesis sama – sama menghasilkan output yaitu suara. Namun, yang membedakannya adalah input yang diberikan. Speech recognation inputnya berupa suara dan nantinya akan menyeluarkan outpun yang sama yaitu suara juga. Salah satu contoh dari Speech Recognation ini ada pada smart phone (Iphone) dimana terdapat fitur Siri. Jika kita menggunakan siri dengan cara menyebutkan pertanyaan apa yang ingin ditanyakan, kemudian smart pohone tersebut akan memberikan jawaban. Contoh dari speech synthesis adalah misalnya sewaktu kita membuka Google Translate, setelah kita mengetikan kata maupun kalimat yang ingin kita terjemahnya, akan terdapat fitur dimana kita dapat mendengarkan arti dari kata atau kalimat yang telah kita terjemahkan.

 

 

http://id.scribd.com/doc/206037173/Teknologi-Yang-Terkait-Antar-Muka-Telematika

http://inori-to-shigoto.blogspot.com/2010/11/teknologi-yang-terkait-interface.html

http://sunsitindari.blogspot.com/2009/11/teknologi-yang-terkait-antar-muka.html

http://kochani-kekuatancinta.blogspot.com/2013/01/teknologi-yang-terkait-antarmuka.html

http://freezcha.wordpress.com/2010/11/14/teknologi-interface-telematika/

http://mamuteritorial.blogspot.com/2013/12/teknologi-terkait-antar-muka-telematika.html

http://aldinobahtiar.files.wordpress.com/2010/11/speech-2.jpg

 

Teknologi yang Terkait Antarmuka (Interface) Telematika

Posted on

Senin, 03 November 2014

Leave a Reply