UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI






PROPOSAL PENULISAN ILMIAH


APLIKASI KAMUS ISTILAH KOMPUTER BERBASIS ANDROID 2.2 (FROYO)
Nama                          :           Apriliani Fitria Puspawijaya
NPM                           :           11111023
Jurusan                        :           Sistem Informasi




Diajukan Guna Melengkapi Tugas Softskill (Bahasa Indonesia)



UNIVERSITAS GUNADARMA
2014



1. PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang Masalah
Pada bidang ilmu komputer, terdapat istilah-istilah yang mungkin masih awam diketahui oleh banyak orang pada umumnya, bahkan untuk orang yang menggeluti pekerjaan pada bidang komputer. Istilah ilmu komputer merupakan kata atau gabungan kata yang mengungkapkan suatu makna, konsep, proses, dan keadaan yang berhubungan dengan ilmu komputer. Agar dapat mengetahui berbagai macam istilah komputer maka dibutuhkan kamus istilah ilmu komputer.
            Kamus istilah ilmu komputer pada awalnya dibuat dalam bentuk cetak dengan tebal halaman yang tidak sedikit. Penggunaan buku cetak seperti ini dirasa kurang efektif pada zaman sekarang ini. Sehingga diciptakanlah aplikasi kamus istilah ilmu komputer berbasis web. Dengan berbasis web, pemakai dapat mencari informasi istilah-istilah ilmu komputer dengan mudah yaitu dengan mengakses web tersebut secara online.
            Namun kamus istilah ilmu komputer berbasis web ini masih dirasa kurang efektif karena dibutuhkannya jaringan internet yang memadai untuk mengakses aplikasi tersebut. Lalu terciptalah aplikasi kamus istilah ilmu komputer pada handphone, yang merupakan aplikasi berbasis mobile. Aplikasi berbasis mobile ini dirasa lebih efektif karena selain pengguna dapat  menggunakan aplikasi tersebut dengan cepat, pengguna dapat pula memakainya kapan dan di mana saja.
Platform yang bisa digunakan pada aplikasi berbasis mobile salah satunya adalah platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Android merupakan platform yang sedang banyak digemari oleh banyak masyarakat sekarang ini dan Java bersifat multiplatform sehingga bisa digunakan pada berbagai platform.
Berdasarkan  hal-hal diatas, penulis tertarik untuk membuat aplikasi kamus istilah ilmu komputer berbasis mobile menggunakan platform Android dan bahasa pemrograman Java.



1.2.      Batasan Masalah
Agar pembahasan aplikasi yang akan dibuat lebih terarah, maka penulis merasa perlu untuk membuat batasan masalah. Pada aplikasi berbasis mobile ini terdapat 150 istilah yang berkaitan dengan ilmu komputer. Pemakai dapat mencari arti istilah, melihat daftar istilah  dan arti istilah sesuai alfabetis.

1.3.      Tujuan Penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi kamus istilah ilmu komputer berbasis mobile, diharapkan pemakai bisa mendapatkan infomasi dengan cepat, tanpa adanya batasan  ruang, dan waktu. Aplikasi ini berguna untuk membantu pemakai mendapatkan informasi istilah-istilah ilmu komputer. 

1.4.      Metode Penulisan
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ilmiah ini adalah menggunakan pendekatan metode SDLC (Software Development Life Cycle).

1.   Fase identifikasi : Mengidentifikasi masalah yang ada yaitu kurangnya informasi istilah istilah ilmu komputer sehingga dibutuhkan suatu media informasi istilah-istilah ilmu komputer.

2.   Fase analisis     :  Memecahkan masalah dalam pembuatan aplikasi dan cara kerja dari aplikasi, memecahkan masalah dalam aplikasi ini dengan mempelajari dan mengumpulkan sumber-sumber pustaka dari buku dan internet yang berhubungan dengan Android dan bahasa pemrograman Java. Untuk data istilah ilmu komputer dilakukan pengambilan dari Website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

3.   Fase perancangan: Merancangkan proses pembuatan aplikasi menggunakan struktur navigasi, dan membuat rancangan tampilan aplikasi.

4.   Fase implementasi:  Menerapkan hasil perancangan. Dengan menggunakan Java Development Kit (JDK) versi jdk-6u32-ea-bin-b03-windows-amd64-29_feb_2012, Eclipse Galileo dan Android SDK Manager sebagai editor dan membangun interface.

5.   Fase uji coba     : Dilakukan menggunakan AVD Android 2.2 pada komputer dengan spesifikasi processor Intel® Celeron® CPU 1007U @ 1.50 GHz 1.50 GHZ, RAM 4GB, harddisk 320 GB, dan VGA 832 MB.

1.5.      Sistematika Penulisan
Pembahasan dalam penulisan ini akan dibagi ke dalam empat bab. Gambaran umum tentang isi dari setiap bab pada penulisan ini akan dijelaskan sebagai berikut:

Bab I :      Pendahuluan, menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah,    tujuan penulisan,  metode penulisan, dan sistematika penulisan.

Bab II :     Landasan Teori, menjelaskan landasan teori tentang kamus, ilmu          komputer, Java, Android, Eclipse IDE, XML, SQLite, dan struktur      navigasi.

Bab III :  Pembahasan, berisi tentang pembahasan aplikasi, mulai dari     perancangan aplikasi,   langkah-langkah pembuatan aplikasi,       pengimplementasian aplikasi, dan cara menjalankan aplikasi.

Bab IV :   Penutup, berisi tentang kesimpulan dan saran yang diperoleh dari                  pembahasan dalam penulisan ini untuk penyempurnaan dan       pengembangan selanjutnya.



2. LANDASAN TEORI

2.1.      Kamus
  Kamus adalah buku yang berguna untuk menerangkan makna kata-kata. Memiliki fungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan terbaru. Selain berfungsi sebagai buku yang menerangkan maksud kata, kamus juga mempunyai pedoman sebagai penjelas riwayat asal-usul suatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi suatu perkataan. Pada hal penjelasan terkadang juga ada pengilustrasian di dalam kamus untuk memperjelas suatu makna kata.

2.2.      Ilmu Komputer

Secara umum, ilmu komputer diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, ilmu komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).

2.3.      Java
            Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).
            Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, Java bukan turunan langsung dari bahasa pemrograman manapun. OOP (Object Oriented Programming) adalah cara yang ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak.

2.4.      Android
Android adalah sistem operasi untuk handphone yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi untuk digunakan oleh bermacam perangkat mobile.
Beberapa keunggulan Android dengan platform lain yaitu :
1.    Keterbukaan - Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile        menggunakan standar panggilan ke API.
2.    Penghancuran perbatasan - Anda dapat menggabungkan informasi dari i        nternet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi       geografis.
3.    Cepat dan mudah perkembangannya - Dalam SDK memiliki semua yang       butuhkan oleh pengguna untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android,            termasuk simulator dan alat debugging.

2.5.      Eclipse IDE(Integrated Development Environment)
   Integrated Development Environment (IDE) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Eclipse adalah sebuah IDE untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform.

2.6.      XML
XML (Extensible Markup Language) menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>), tag penutup (diawali dengan ‘<’ diakhiri ‘>) dan atribut elemen (parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML pengguna dapat menggunakan tag dan atribut sesuai yang diinginkan.

2.7.      SQLite
      SQLite merupakan sebuah database Open source seperti halnya MySQL, Firebird, dan lain-lain. Dengan ukuran file yang sangat kecil SQLite layak dipertimbangkan untuk pemilihan sebuah database relasional (RDBMS). Di dalam pustaka SQLite terdapat beberapa fasilitas yang dapat kita gunakan untuk memanipulasi data ataupun mendefinisikan data.

2.8.      Struktur Navigasi
Struktur navigasi adalah struktur atau alur dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi, karena hal itu menentukan sekaligus menjadi patokan dalam membuat aplikasi.



3. PEMBAHASAN

Dalam bab ini akan membahas secara detail mengenai perancangan aplikasi, mulai dari pembuatan tabel, rancangan sistem dengan struktur navigasi, rancangan tampilan, langkah-langkah pembuatan aplikasi, pengimplementasian aplikasi, dan cara menjalankan aplikasi.



4. PENUTUP

Bab ini menguraikan tentang kesimpulan dan saran yang dapat diambil, menggabungkan teori pada bab 2 dengan hasil yang didapat. Selain itu juga akan diberikan saran-saran yang berkaitan dengan penulisan ini.

Proposal Penulisan Ilmiah

Posted on

Jumat, 13 Juni 2014

1 Comment
  1. disini http://alternatifstudentsite.blogspot.com/2014/10/student-site-bermasalah-error-2014.html

    http://alternatifstudentsite.blogspot.com/2014/10/studentsite-gunadarma-bermasalah.html

    http://alternatifstudentsite.blogspot.com/2014/10/alternatif-buka-studentsite.html

    BalasHapus