Dikutip dari website http://binamarga-dkijakarta.net, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta adalah Unsur Pelaksana Pemerintah Daerah yang melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan umum. Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta dipimpin oleh Kepala Dinas yang bertanggung jawab langsung kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah, namun  dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Kepala Dinas dikoordinasikan oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta mempunyai tugas pengaturan, pembinaan, pembangunan, peningkatan, pemeliharaan, pengendalian dan pengamanan jalan, jembatan, pengelolaan sumber daya air dan sarana jaringan utilitas.


Sejarah dan Perkembangan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 1953 tentang pelaksanaan penyerahan sebagian dari urusan Pemerintah Pusat mengenai pekerjaan umum kepada provinsi-provinsi dan penegasan mengenai pekerjaan umum dan daerah otonom, kabupaten, kota besar, dan kecil yang diserahkan kepada daerah meliputi :

a. Jalan – jalan umum beserta bangunan-bangunan turutannya
b. Lapangan – lapangan dan taman – taman
c. Pembuluh – pembuluh pembilas, got – got dann riol – riol
d. Penerangan jalan
e. Tempat perkuburan umum
f. Pasar – pasar dan los pasar
g. Sumur – sumur bor
h. Pesanggrahan – pesanggrahan
i. Pencegahan bahaya kebakaran
j. Bangunan – bangunan umum
k. Gedung – gedung negara

Sampai dengan tahun 1966, semua jenis kegiatan tersebut diatas masih dilaksanakan oleh unit pekerjaan umum, kemudian sesuai dengan berkembangannya volume kegiatan dan pembangunan maka kegiatan yang bersifat ke-PU-an seperti diuraikan dalam PP No. 18 tahun 1953, satu persatu mulai ditangani oleh unit-unit tersendiri.

Berikut merupakan gambar profile dari akun Dinas Bina Marga DKI Jakarta :




Analisa akun twitter @BinaMargaDKI:

1. Konten Tweet
Jika diamati konten/isi dari tweet @BinaMargaDKI, dapat dilihat bahwa sebagian besar isinya berupa retweeded dari beberapa akun twitter yang dikelola Dinas Bina Marga diantaranya @binamargajaksel, @BinaMargaJakBar, @DinasTA_Jakarta, @jalanlayangcmt, dan lain sebagainya.





2. Keaktifan
Dari sisi keaktifannya, akun @BinaMargaDKI tergolong akun yang cukup aktif di mana akun tersebut memberikan informasi mengenai sarana umum yang sedang dibuat/diberbaiki oleh petugas meskipun sebagian besar bentuk dari informasi tersebut adalah retweeted.


3. Respon Keluhan/Mention dari Masyarakat
Dalam menangani respon keluhan ataupun mention dari masyarakat, akun @BinaMargaDKI sudah tergolong responsif dalam membalas mention dari masyarakat, namun memang tidak selalu dibalas dengan cepat (dalam hitungan beberapa menit atau dalam artian kurang dari satu jam). Respon masyarakat mengenai akun @BinaMargaDKI juga masih tergolong sangat sedikit dalam memberikan keluhan ataupun informasi, dapat dilihat dari dikitnya mention dari masyarakat.



Kesimpulan
Menurut saya, akun @BinaMargaDKI sudah cukup baik dari segi konten, keaktifan, dan respon terhadap masyarakat karena akun tersebut dapat menyalurkan informasi dengan baik untuk masyarakat.



Sumber:
http://binamarga-dkijakarta.net
https://twitter.com/BinaMargaDKI

Akun Twitter @BinaMargaDKI

Posted on

Sabtu, 18 Juli 2015

Leave a Reply